Meseum Benteng Heritage


Museum Benteng Heritage adalah museum budaya peranakan Cina di Tangerang. Daerah kota tua Tangerang dulunya memang dikelilingi benteng, sehingga kawasan disekitarnya disebut sebagai daerah Benteng. Berlokasi di tengah-tengah Pasar Lama Tangerang, Museum Benteng Heritage telah menjadi saksi kehidupan warga Tangerang dan sekitarnya. Dari jaman penjajahan Belanda hingga di era kemerdekaan ini.

Letaknya dekat dengan Kelenteng Boen Tek Bio yang merupakan salah satu kelenteng tertua di Tangerang. Bangunan museum ini bisa dikatakan merupakan salah satu bangunan tertua di sekitar kota Tangerang. Bangunan ini dulunya sempat menjadi salah satu tempat pertemuan komunitas Cina di Tangerang di sekitar abad ke-17.

Sebagai tempat pertemuan komunitas, tentu posisinya cukup penting bagi masyarakat pada waktu itu. Untuk itu bangunan Museum Benteng Heritage dihiasi oleh relief dan patung yang indah dan artistik. Oleh sebab itu, tidak heran hiasan-hiasan di tembok bagian dalam bangunan ini cukup unik dan umumnya tabu untuk ditaruh di rumah orang kaya biasa.

Museum ini membanggakan dirinya sebagai museum kebudayaan Indonesia-Tionghoa pertama di Indonesia. Di Museum ini pengunjung akan menemukan banyak hal-hal unik di balik sejarah kehidupan etnik Tionghoa. Semua sejarah itu ditampilkan dalam berbagai artefak yang menjadi saksi bisu kehidupan masa lalu. Mulai dari kedatangan armada Cheng Ho dengan pasukannya. Yang mana rombongan terdiri dari sekitar 300 kapal jung membawa hampir 30.000 pasukan. Sebagian dari rombongan ini yang dipimpin oleh Chen Ci Lung diyakini sebagai nenek moyang penduduk Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) yang mendarat di Teluk Naga pada tahun 1407.

Museum kebudayaan Indonesia-Tionghoa pertama ini, memiliki dua lantai. Lantai satu museum dijadikan sebagai restoran, tempat gathering, penjualan suvenir, dan sebagainya. Sedangkan di lantai dua baru pengunjung bisa menemukan berbagai barang antik koleksi museum. Museum Benteng Heritage ini menyimpan berbagai barang yang berkaitan dengan sejarah etnis Tionghoa di Indonesia serta berbagai artefak yang menjadi saksi bisu masa lalu. Di lantai dua, pengunjung bisa menemukan berbagai barang-barang sejarah yang tersusun rapi, baik di dalam etalase maupun yang diletakkan di atas meja.


Sumber:https://www.nativeindonesia.com/museum-benteng-heritage/